Selamat datang di duniagus.blogspot.com, kritik dan saran dapat ditujukan ke agus_1052@yahoo.co.id.

17 Juli 2008

Wisata Alam Baduy

Kalo kamu suka hacking atau naik gunung, coba yang satu ini jalan-jalan ke perkampungan masyarakat Adat Baduy di Banten. Tahun 1999 saya pergi dan mengenal baduy.... suasana yang masih alami, belum tersentuh dengan modernisasi, rimbunnya pepohonan, terawatnya lingkungan, suara alam yang menggelitik dan menarik perhatian sehingga pada saat itu saya mulai tertarik dengan baduy. Sebenarnya Ada Apa sih di Baduy ???

Bayangan saya pertama kali berangkat ke Baduy, teringat akan film dokumenter yang sering ditampilkan di televisi akan masyarakat terbelakang, tanpa baju dan celana.... hanya menggunakan seadanya dan kurang terawat.... Ternyata apa yang saya liat.. jauh berbeda dengan apa yang saya pikirkan sebelum.... dan Jauh pula dari kehidupan Kota yang selalu hingar binggar, hedon dan heterogen masyarakat nya.

Di Baduy kita mengenal apa artinya kebersamaan, keadilan dan juga menjunjung tinggi rasa cinta kasih kepada nenek moyang. Banyak orang yang belum pernah pergi ke Baduy mengatakan kalau orang baduy itu Canibal..... ternyata KELIRU....... SALAH..... Orang baduy sama seperti kita... mereka makan seadanya, malahan mereka makan dengan apa yang dia punya sesuai dengan kemampuan mereka. Santun perilakunya dan sopan pula kehidupannya. Apabila kita mendekati orang Baduy tersebut... biasanya mereka malu-malu (entah mengapa mereka malu..) dan satu hal lagi kalau kamu kesana musti bawa translator / penerjemah... karena masyarakat Baduy hanya bisa menggunakan bahasa Sunda (syukur-syukur kalau kamu keturunan Sunda).

Lokasi pemukiman Baduy terletak sekitar 75 KM dari kota Rangkasbitung. Cara menuju kesana dapat menggunakan mobil pribadi atau menggunakan angkutan ELF 300 dari Rangkasbitung menuju CIBOLEGER. Dari Rangkasbitung ke Ciboleger ditempuh dengan waktu kurang lebih 45 menit.. jalan yang terjal dan berliku pun di hantam tanpa kendala.... suasana pemandangan pegunungan pun semakin kelihatan... hingga akhirnya sampai pada tujuan di terminal Ciboleger yang merupakan tempat pemberhentian terakhir menuju Pemukiman Masyarakat Baduy. Di Ciboleger, nanti kamu akan di sambut dengan patung keluarga pak tani yang persis ditengah-tengah terminal. Dari Ciboleger, mari kita mulai perjalanan ke pemukiman Baduy.

Nah, dari Ciboleger nanti kita menuju Kampung pertama atau dapat pula disebut sebagai kampung kaduketug. di Kampung ini kita melaporkan diri kepada Jaro sebagai orang yang dipercaya menerima tamu dari luar masyarakat Baduy.. Dari Jaro inilah kita diterima dan dibacakan aturan-aturan mengenai kehidupan masyarakat Baduy... setelah itu jaropun akan menanyakan akan tinggal dimana nanti ???? saya saran kan untuk tinggal di Baduy lebih baik di Gajeboh.... Kenapa ??? karena kondisi dan pemukimannya yang memadai, gajeboh juga mempunyai pemandangan yang bagus serta dialiri dengan sungai... kita dapat mandi langsung ke dalam sungai dan menikmati sejuknya mandi di pagi hari di Baduy.

Sebenarnya masyarakat Baduy terdiri dari 2 bagian...
  1. Baduy Dalam yang terdiri dari Cibeo, Cikertawarna dan Cikeusik
  2. Baduy Luar yang terdiri dari kurang lebih 53 kampung yang berada di luar ketiga kampung di Baduy Dalam

Posting Terkait :



0 comments: