Selamat datang di duniagus.blogspot.com, kritik dan saran dapat ditujukan ke agus_1052@yahoo.co.id.

22 Juli 2008

Kisah Tugu Monas

Kalo Lo anak Jakarte, Lo musti tau nich sejarahnya Monumen Nasional atau dikenal dengan MONAS yang terletak di Kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Ceritanya begini nih.. Monas terletak di lapangan monas dengan luas areal 80 hektar dan dibangun tahun 1960. yang ngegambar dulu Soedarsono dan F. Silaban dengan konsultan Ir. Rooseno. dan resmi dibuka untuk umum tanggal 12 Juli 1975. bentuknya yg sekilas ky pensil dikasi mangkok sebetulnya dibuat menyerupai lingga yoni yang merupakan simbol dari kesuburan (lingga=alu/penumbuk beras, dan yoni=lumpang/wadah beras, konon lingga yoni sama halnya dengan lambang negatif dan positif ato siang dan malam ato lelaki dan perempuan) dengan tinggi mencapai 137 meter dan diujungnya terdapat cawan yang menopang obor perunggu 14.5 ton berlapis emas 35 kg (ada sumber jg yg menyebutkan berat emasnya “cuman” 32 kg). itu emas kabarnye didapetin dari rejang lebong bengkulu (wuih.. jau ya). katanya lidah api itu simbol perjuangan rakyat indonesia di jaman perang dulu biar bs merdeka.

Dulu, monas ini pernah 5 kali ganti nama, yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas. Disekeliling tugu ada taman, dua buah kolam dan lapangan terbuka tuk tempat berolahraga (tinggal dateng trus nimbrung, lu orang bs milih, mo ngeceng doang, mo yoga, mo pencak silat, mo erobik, ampe senam manula jg ada).

Katanya lagi ni ya, monas yang dulu tiangnya dipancangkan pertama kali oleh Soekarno, punya simbolisasi angka keramat (indonesia banget dah)… pelataran cawan ukurannya 45m x 45m dengan tinggi 17m. trus di ruang musiumnya setinggi 8m. (bener engga nya gw blm pernah ngukur sendiri). tau dong kl angka itu digabung jadinya berupa apa…

(referen dari mba Sista)

Posting Terkait :



0 comments: