Selamat datang di duniagus.blogspot.com, kritik dan saran dapat ditujukan ke agus_1052@yahoo.co.id.

27 Juni 2008

Mendaftar di Web Hosting Gratis

Web hosting adalah istilah dalam dunia internet yang berarti penyewaan ruang harddisk pada server perusahaan portal dengan nama situs web sendiri sesuai keinginan (selama nama tersebut belum digunakan oleh orang lain) tanpa perlu repot mendaftarkan ke Indosat atau perusahan jasa penyelenggara internet lainnya, karena akan didaftarkan oleh pemilik web utama.

Beberapa hosting gratisan dan quota yang diberikan:

Pada dasarnya semua web hosting di atas adalah sama, tapi Anda harus jeli dalam memilih hosting yang gratisan, karena Anda harus memikirkan juga feature apa saja yang diberikan oleh web site tersebut. Dan juga seberapa besar “banner” (info iklan) yang diberikan di homepage Anda nantinya.

Sebagai contoh portal http://www.fortunecity.com memberikan quota gratis sebesar 100 MB kepada setiap orang yang mendaftar, cukup lumayan juga. Tapi setelah dibuat sebuah account di portal tersebut dan dilakukan upload data html ke hosting tersebut, maka dilakukan pengecekan pada URL http://www.fortunecity.com/nama_anda.htm, Anda akan terkejut, sebab di atas homepage tersebut ada sebuah frame yang agak besar sekitar 2,5 cm dan itu adalah link asing, karena file html yang di upload tidak memiliki frame tersebut.

Coba Anda perhatikan lagi portal http://www.geocities.com. Quota yang disediakan untuk user hanya sebesar 15 MB, namun setelah dibuat account dan dilakukan upload file ke dalam servernya, serta dilihat hasilnya pada URL http://www.geocities.com/nama_anda, maka akan kelihatan link kecil sebelah atas paling kanan dari homepage yang diupload tadi. Link asing yang terdapat pada homepage tersebut yang dinamakan “banner” (link iklan). Di banding dengan Fortunecity.com, banner kecil ini tidak terlalu mengganggu sekali. Tapi Geocities.com hanya memberikan quota kepada user sebanyak 15 MB. Dan mungkin salah satu dari kelemahan Geocities ini. Mungkin Anda bisa membandingkan dengan hosting-hosting gratisan lain, feature apa yang diberikan berikut kelemahan dan kelebihannya.

Posting Terkait :



0 comments: